Home » , , , , , » Badak Part2 (baby blue)

Badak Part2 (baby blue)

advertisements
Okay, kembali lagi............
setelah selesai dengan cerita si belang dan owner nya; yang nyerobot badak part 1 .
kali ini cerita yang lebih detail tentang Balancer DG yang berevolusi .
karena untuk penggunaan harian, banyak user balancer DG , dengan bobot di bawah 900gr yang merasa kurang dengan torsi dan performa nya, jika dipakai untuk harian dengan trek jarak menengah, atau untuk penggunaan touring.
karena, bobot nya yang ringan, memang lebih cepat untuk meraih putaran tengah dan atas,
atau dengan kata lain, bobot balancer yang ringan, lebih cocok jika di pergunakan di trek perkotaan yang ston n go. torsi di rpm atas kurang untuk memutar ratio 4th gear nya jupiter series.
memasang nya cukup dengan baut L M6 x 12mm 3pcs
mengatasi problem itu lah, makanya ide liar di kepalaku mulai bekerja.
bagaimana mengoptimalkan torsi yang tercipta dari bobot balancer yang ringan.
dan inilah hasil dari realisasi ide liarku itu.
menambah bobot di bagian diameter luar balancer DG.
cukup ikat dengan baut L M6 x 12mm 3pcs, tambahan part ini sudah bisa duduk manis di balancer nya.
dan yang terpenting, tidak menggangu kinerja part lain.

pertanyaan selanjut nya ; kenapa bolong-bolong seperti cetakan apem gitu ?
jawaban nya ; karena aku membutuhkan tambahan beban di diameter luar nya, serta mengurangi bobot di sekitar center nya, dan design ini lah yang menurut ku paling pas.
untuk mengejar bobot yang ku tentukan.

berbekal rumus matematika dan fisika, perhitungan tentang volume dan berat jenis material.
dan hasil perhitungan ini ,setelah di timbang dengan neraca digital pun, hasil nya tak jauh beda dengan perhitungan ku sebelum nya.
balancer evo1 sukses gantikan mangkuk ganda yang di las beserta insert nya
cara penggantian nya pun, ga beda dengan yang ku ceritakan di proyek belang kemaren ya.
beda nya cuma di spec part mesin nya aja koq.
di babyblue ini, piston yang terpasang cuma piston standard OS50 (diameter 51.5mm)
head masih menggunakan yang dulu ku pakai sampai ke pulau madura, sedikit sentuhan porting dan klep shogun yang tertanam.
karbu masih menggunakan vm26 mikuni. dan rumah kopling 6 per 'sys'
duduk sempurna di tempatnya.
belum banyak rubahan yang ku tanam kan di babyblue setelah riset modifikasi terakhir.
dan memang, terkendala dana riset juga ahahaha :D :D
perfect alignment
okay, kelar instal balancer dengan tambahan, dan selanjut nya rangkai ulang dan isi pelumas nya.
kemudian test run static, untuk pastikan tidak ada suara-suara aneh di sektor mesin, akibat dari perubahan part ini.
setelah yakin, barulah test ride babyblue.
hmmmm , not bad lah perubahan nya.
sedikit bukaan gas, motor langsung melaju dengan smooth.
tinggal cari track yang agak panjang untuk test torsi di rpm atas nya.
dan harus nya ga jauh beda hasil nya dengan si belang kemaren.

okay, sekian dulu untuk percobaan kali ini,,
dan cukup puas dengan hasil nya....
istirahat dulu lah, sambil nemenin si eneng ini nonton motoGP :p
salah sendiri kelamaan cerita, tinggalin nonton motoGP ajah..

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut