Restorasi Bebek Goreng Biru 4

advertisements
Selamat pagi sobat semua.....selamat beraktifitas yaa.
Kiranya ga ada yang bosen dengan cerita-cerita keisengan ku di dunia nyata yaa...
Menyambung kembali cerita tentang si biru, motor yamaha fizr yang ku dapatkan di solo setahun yang lalu, sebelum ku otak-atik dan ku kembalikan kondisi nya agar fit lagi, dan bisa ku pakai sebagai kendaraan operasional saat aku pulang ke solo..
Beberapa ubahan sudah kulakukan sebelum nya, tapi ternyata belum bisa mengembalikan performa nya seperti yang ku mau. karena aku ingin rubahan ini bisa mengembalikan performa serta efisiensi nya, agar konsumsi bbm nya ga jauh berbeda dengan motor-motor keluaran terbaru, seperti si orange, yana bisa kupakai bermacet-macetan dari pulogadung sampai ke tangerang, tapi konsumsi bbm nya ga jauh berbeda dengan motor 4tak. ga sampai lah setengah tangki nya si orange untuk tempuh perjalanan sejauh 50an km, dengan kondisi lalu lintas tangerang dan jakarta yang seperti itu crowded nya.

Nah...setelah persiapan-persiapan yang kulakukan kemaren di tangerang, baik part-part pengganti serta sedikit keusilan tangan ku pada part nya, serta proses bongkar-bongkar bagian mesin nya kemaren.
sekarang berlanjut ke proses restorasi bagian-bagian nya.
Bagiab head cylinder / blok kop nya ku bersihkan dengan bbm dan di poles, seperti pada si orange sebelum nya, seperti di bawah ini lah hasil nya:
kinclong lagi setelah di poles kan
berbekal kertas amplas yang bervariasi grade nya, serta kain jeans bekas celana yang sudah tak layak pakai, serta batu ijo/ langsol untuk finishing nya.
memang sedikit menguras tenaga untuk proses pembersihan dan polishing nya, tapi worthed lah, pegang dan lihat nya pun sudah tak risih lagi kan, juga menambah karet-karet peredam getaran pada sirip-sirip pendingin di bagian block head nya ini.
Untuk area block cylinder sudah pernah kuceritakan di tulisan tentang persiapan nya yaa...
crank-case bagian kiri

begitu juga untuk bagian crankcase nya, tak luput dari kejahilan tangan ku, sekalian juga kupoles bagian karternya, agar endapan/ deposit kerak yang sudah bertahun-tahun menempati nya bisa tersingkir, dan tidak menghambat lagi pergerakan campuran udara dan bbm yang melewati nya.

Begitu pula yang kulakukan pada crankcase sebelah kanan nya, ku bersihkan dan poles semua kerak-kerak endapan nya, untuk penampakan nya di sebelah semua yaa..

crank-case bersih, senanglah hatiku..
ada beberapa pekerjaan yang ku lakukan pada kedua crankcase nya, yaitu menstandard kan lagi semua lubang baut nya, karena kemaren ku temukan ada lubang baut pengikat footstep ke crankcase yang tembus sampai kompartemen kopling, akhirnya ku tambal dengan as drat ukuran M12 (tambah daging istilah nya) kemudian di bor lagi ukuran 6.8mm dan di tap ulang M8 sedalam 25mm, agar baut yang di pakai mengikat foot step nya normal kembali ukuran nya, ini ku lakukan pada ke tiga baut lain nya, meskipun ketiga baut lain nya cuma rusak ulir nya dan tidak tembus sampai ke kompartemen dalam crank case nya

tinggal sedikit guaratan halus yang tersisa
dari pada nanti nya malah menyusahkan dalam proses perakitan nya, dan selagi gampang ku akses semua lubang baut nya, begitu juga lubang baut pengikat lempengan starter clutch ada 1lubang baut yang slek,terpaksa juga harus ku perbaiki dengan sistem recoil. untuk metode ini, bisa di lihat pada link ini. jadi ukuran lubang pun standard lagi.

Bearing-bearing kruk as, ku ganti semua kiri dan kanan nya, dengan part oem yamaha genuine parts , kode bearingnya 6205 untuk kiri dan kanan. untuk conrod / stang piston nya, ku ganti dengan yang baru juga, yang sudah ku persiapkan dari tangerang sebelum nya. biar adem lagi lah suara mesin nya si biru ini.

Untuk part area transmisi tak banyak di sentuh, karena gear-gear trasnsmisi nya masih dalam kondisi prima, cuma sprocket nya saja serta rantai yang ku perbarui dengan satu set produk dari SSS untuk sprocket depan ku perbesar 1 mata dari ukuran standard nya yaitu sprocket 15mata sedangkan untuk bagian belakang menggunakan sprocket / gear 37mata. berukuran 415.
mulus lagi sob

seal-seal crank-shaft / kruk as nya ku ganti semua kiri dan kanan dengan produk original genuine parts, biar yakin dan ga mudah sobek, yang nanti buat kompresi bocor.
kode parts nya 93103-25809 untuk sebelah kiri dan 93102-32807 untuk sebelah kanan.

bening kan...biar uap gas canpuran bbm ga betah di situ
untuk perakitan nya, ga beda dengan si orange dulu koq sob...tetap menggunakan crank-case separator buatan ku, menarik crank-shaft nya ke crankcase kiri, jadi ga ada acara getok getok kruk as yang sudah di ganti conrod dan di center ulang waktu perakitan nya. agar center tetap terjamin lurus.
penggunaan lem packing pun seminim mungkin, agar tidak meleber kemana-mana,

kelar juga rakit nya si biru ini.. :)
selesai dengan perakitan bagian tengah si biru, tinggal perbarui membran nya, serta sedikit main amplas, agar membrane bisa mendekap rapat rumah membran nya lagi, juga ada sedikit trik ganjal ujung membran dengan kertas tipis pada bagian yang di jepit baut, agar membran benar-benar rapat .

kemudian tinggal checking bagian pompa olie yang kemaren di set terlalu boros, karena pergerakan nya sudah ku aktifkan lagi melalui kabel gas, tinggal ku seting aja sesuai anjuran pabrikan, agar pelumasan area bigend-smallend serta bearing kruk as nya tidak terlalu boros lagi.
rakit piston OS standard nya yang baru, serta pasang block cylinder baru berserta packing block cylinder nya, untuk packing block cylinder juga tak ku gunakan lem packing, melainkan ku lapisi dengan olie baru. jadi seandainya nanti ada proses bongkar-bongkar lagi, packing ini tidak mudah sobek dan bisa di pakai lagi.
Hanya di bagian packing tembaga di head cylinder dan block cylinder sedikit kupakai lem packing ini. kemudian pasang block head nya, dan kencangkan dengan mur pengikat yang baru., karena kemaren kan sempat hilang 1pcs, yang sebabkan back firing karena kebocoran kompresi dari area ini.

selesai rakit semua part mesin nya, tinggal naik kan ke rangka, ikat dengan torsi yang sesuai anjuran pabrik, kemudian rakit lagi semua kabel-kabel dari spul ; pulser dan switch netral assy nya. kemudian pasang footstep nya, dengan baut baru juga dan asik nya, sekarang bisa seragam semua baut nya, kan sudah ku perbaiki ke empat lubang baut nya.
lanjut pasang knalpot nya, ikat bagian depan dan belakang. kemudian isi pelumas area kopling dan ratio nya, untuk pelumasan bagian ini ku percayakan pada produk yamalube yang type fully synthetic. supaya bisa benar-benar melindungi part-part nya. dan juga sudah teruji pada mesin-mesin yang ku kerjakan di tangerang.
Terakhir adalah pasang aki nya. karena lokasi penyimpanan aki sudah di modifikasi pemilik sebelum nya, aki terpaksa mengungsi di body kiri belakang, di depan ubang kunci jok, dan hanya bisa menggunakan aki berukuran kecil, aki dari beat / vario yang bisa ku pasang di situ.
selesai semua pengecheckan nya, tinggal test static run, dan....horeeee...mesin si biru sudah bisa running lagi, dan bisa di hidupkan dari electric starter nya, ga sia-sia lah aku keluarkan tenaga.
Tinggal sedikit seting karbu, dan selesai...
pasang kembali semua cover-cover body nya, biar bisa segera di mandikan, ga belepotan olie lagi.
berikut ini video pengetestan si biru setelah di restorasi.:
okay sobat...demikian ceritaku untuk restorasi total si biru ini..
nanti kita sambung lagi dengan cerita lain nya yaa..
done..............
sudah kelar kan ? buruan jemput...
katanya mo ajak jalan ke gunung.. :p

 
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut