Mengobati Raja Tua 5

advertisements
Selamat berjumpa lagi sobat semua, masih di warung sego kucing ini ya.
Setelah kemaren kita rakit mesin si raja tua , sekarang tinggal finishing sektor kaki-kaki nya aja koq..
sektor kaki-kaki belakang sudah oke, tapi kaki depan nya pincang, karena ada kebocoran di salah satu seal shock depan nya.
berdirikan motor ini tanpa kaki depan
yang musti mikir lagi
nahh...kendala nya, motor rx-king tua ini ga ada lagi standard tengah nya. sedangkan aku musti copoti roda depan dan shock absorber depan nya agar seal di tabung shock nya bisa ku ganti 
pretelan kaki depan nya
musti ku pikirkan caranya agar motor bisa tetap ku dirikan dengan stabil, sekaligus mengangkat bagian depan nya. minimal roda depan bisa terangkat beberapa cm dari lantai.
terpaksa lah sistem bantuan dongkrak ku pergunakan.
jadi di sebelah kiri, standard samping ku ganjal dengan batu yang cukup besar, di sebelah kanan ku gunakan dongkrak.
sedangkan arm belakang nya di tahan paddock stand, supaya kaki depan nya bisa ku akses.(seperti foto di atas deh jadi nya).
Barulah kaki depan rx-king ini bisa ku copoti untuk di inspeksi.
ketika membuka plug atas nya, ada part yang aneh, ternyata di ganjal oleh mekanik terdahulu dengan potongan kepala busi, agar redaman nya makin keras sob.
hmmm....kreatif juga....
keluarkan per nya dan buka baut pengunci suling nya, yang juga berfungsi sebagai bottom plug nya. sudah banyak endapan seperti lumpur di salah satu shock yang bocor .
pasti karena oksidasi dan terkontaminasi udara dan mungkin juga rembesan air.
congkel dan keluarkan seal nya baik yang rusak maupun yang masih bagus, karena aku ga mau ambil resiko, perbaiki yang satu, tapi kemudian merembet ke kaki yang satu nya. jadi kedua seal nya ku ganti dengan part yang baru. setelah di bersihkan kedua tabung shock nya , tinggal install seal baru nya yang berkode 3HB-F3145-00 ke masing-masing tabung shock nya, bantuan sedikit grease agar seal nya bisa terpasang rapi , kemudian di kunci dengan circlip nya, dan tutup dengan dust seal / seal debu nya. masukkan suling di as shock nya. kemudian tinggal di kunci dari bawah dengan baut bottom plug nya. pastikan juga ring tembaga terpasang untuk menghindari kebocoran ya sob.
setelah selesai, tinggal masukkan minyak suspensi nya. untuk takaran standard nya tiap tabung di isi 167cc . tapi karena owner nya ingin rada stabil, maka ku tambahi 2-3cc per tabung nya.
selesai pengisian minyak suspensi, tinggal masukkan per nya dan di tambahi ganjalan kepala busi tadi. baru di tutup plug atas nya.  

kelar juga akhir nya
pasang kembali ke motor nya, kunci semua baut di segitiga atas dan bawah nya, baru kemudian pasang kembali roda depan nya dan kencangkan baut pengunci roda depan nya.
selesai... tinggal di test jalan aja, masih ada kebocoran atau tidak di bagian shock ini saat di pakai hard braking atau menghajar gundukan polisi tidur.
syukur lah..setelah di test jalan, ga ada lagi kebocoran di kaki depan nya, dan makin stabil di kendarai...horeeee.... selesai juga proses restorasi si raja tua ini..
tinggal kontak owner nya deh, biar di jemput dan bisa mengaspal lagi dengan tuan nya..
done........
yeaayy kelar juga akhir nya

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut