Mengobati Raja Tua 3

advertisements
Selamat pagi sobat....jumpa kembali kita di sini.
selamat ber aktifitas dan berkarya bagi orang-orang terkasih di sekeliling kita
dan selalu ku harap; semoga semua sobat-sobatku dalam lindungan Tuhan dan selalu di berkati dengan melimpah. baik itu kesehatan maupun berkat-berkat lain.

kali ini, masih tentang lanjutan repair mesin rx king tua kemaren. yang mengalami kebocoran kompresi di head/ blok kop dan clock cylinder nya, serta kebocoran olie mesin ke ruang karter nya.
nahh.....kali ini kita bahas tentang langkah-langkah perbaikan nya yaa. kita bahas satu persatu.
manual aja pakai amplas dan kaca
pertama-tama, perbaiki surface / permukaan dari block head / kop nya. biar ga terlalu banyak proses di tukang bubut, proses surfacing / meratakan permukaan block head/ kop nya ku kerjakan secara manual, dengan menggunakan kertas amplas ukuran #400 dan kaca /permukaan rata lain nya
kertas amplas taruh di permukaan kaca yang rata, kemudian gosok kan permukaan block head nya pada kertas amplas nya sambil di siram dengan bbm, agar partikel-partikel aluminium dari block head yang kita ratakan tidak menempel di kertas amplas nya.

memang butuh kesabaran untuk mengerjakan proses surfacing ini, karena memang proses manual finishing ini  untuk meratakan permukaan block head nya yang hanya sepersekian milimeter, agar kebocoran kompresi nya bisa kita atasi nanti.

oh iya, untuk proses ini, lakukan circular ya gerakan menggosok nya, atau seperti membuat angka 8 (delapan) agar semua permukaan nya bisa rata tergesek di permukaan kertas amplas , sering-sering juga kita check hasil nya.
ini hasil nya setelah di surface
biar ga terlalu banyak juga yaa..soalnya kan kita cuma pengen meratakan permukaan nya saja, bukan untuk mengikis permukaan biar kompresi naik (kalau ini, minta tolong ke bengkel bubut aja biar cepet kelar :p)

setelah hampir satu jam proses ini ku lakukan, hasil nya bisa di lihat seperti di gambar di samping.
semua permukaan dari block head / cylinder kop rx king ini sudah rata, dan harap ku bisa mengatasi kebocoran kompresi yang kemaren terjadi. untuk pembuktian nya nanti setelah kita rakit pastinya.

setelah permukaan head cylinder nya sudah rata, langkah selanjut nya meratakan juga permukaan dari block cylinder nya. supaya benar-benar tak ada kebocoran kompresi dari sektor ini.
langkah-langkah nya, pertama ku lepas semua baut stud / baut tanam di block cylinder nya. gunakan dua mur ukuran M8 atau mur kepala 12mm untuk melepas baut-baut stud nya, kemudian proses seperti diatas saat meratakan permukaan block head / kop cylinder kita ulangi
permukaan block cylinder yang kita ratakan
ternyata..di permukaan block cylinder ini ada insert tambahan yang kurang rata finishing nya saat di ratakan di permukaan block cylinder nya. (insert untuk lubang baut tanam yang sudah di rekondisi seperti di foto sebelah ini yakk )
dan ini merupakan salah satu penyebab block cylnder nya ga bisa mendekap rapat block head / cylinder kop nya.
dan mengakibatkan kebocoran kompresi seperti ku ulas di artikel sebelum nya.
hmmmmmm...pantesan aja, banyak lelehan olie kemaren ya...
oke perbaiki segera...pelajaran yang bisa di ambil dari sini adalah...jangan mengerjakan part-part yang butuh ketelitian seperti ini jika sedang dalam pengaruh alkohol yaa..

'lho koq pengaruh alhohol ?" ; iyaa...karena owner nya kan pernah cerita padaku, kalau kawan-kawan nya di workshop sebelum nya sering banget ngajakin minum-minum dulu sebelum mulai mengerjakan mesin nya ini. dan inilah hasil nya. part-part penting nya malah bermasalah dan bikin pengulangan pekerjaan yang harus nya ga perlu terjadi.


akhir nya rata juga setelah 1.5jam perjuangan
ya udah deh, tetep aja harus ku selesaikan  biar rx-king ini bisa kembali mengaspal.
memang rada lama waktu yang kuperlukan untuk benar-benar meratakan permukaan block cylinder ini,
karena material nya ga sama. ada part insert yang terbuat dari baut baja yang musti di buat benar-benar rata dengan permukaan block cylinder, dan material baja ini yang rada keras saat di amplas. yahh, sambil belajar kesabaran lah biar hasil nya maksimal nanti.
dan setelah kurang lebih satu setengah jam aku berjibaku dengan amplas, kaca dan blok cylinder rx king ini. hasil nya bisa di lihat di sebelah ini. permukaan block cylinder nya sudah jauh lebih bagus di banding sebelum nya, kerataan permukaan-nya sudah bisa benar-benar menapak rapat pada permukaan block head / cylinder kop nya.

tinggal checking ke lubang-lubang transfer serta lubang inlet nya.
port transfer block cylinder ini ternyata ada beberapa bagian juga yang kurang rapi finishing nya, yang menghambat pergerakan campuran udara dari karburator ke ruang karter dan ruang bakar nya.
pernah di coba porting tapi ga rapi euy..
daripada nanti malah bikin repot.....sekalian aja ku rapikan deh. keluarkan lagi bor tuner,
dan kali ini ; karena hanya finishing bagian-bagian yang kurang rapi, hanya mata tuner diamond yang kecil lah yang kupakai. dan di susul dengan amplas yang ku jepit kan di tool holder.
untuk beberapa bagian hanya bisa di jangkau dari dalam liner nya, dan harus menggunakan hand piece angular (holder bengkok) - bisa di lihat di foto di bawah nanti ya.

hanya sedikit mengikis port nya karena memang motor ini nanti tujuan nya untuk di pakai harian dan kadang-kadang touring, jadi semua bentuk dan ukuran standard ku pertahankan. agar durability nya tetap terjaga.
sedangkan karakter mesin nya sendiri tidak ingin ku rubah, biar tetap mengikuti karakter standard rx king.
toh dari pabrikan nya pun motor ini punya karakter yang serem akselerasi nya. jadi ga perlu lah harus repot-repot untuk colek sana-sini. cukup haluskan port in serta lubang transfer dan bilas nya serta beberapa bagian lubang transfer yang kurang rapi saat proses produksi.
sedikit finishing 
sudah cukup untuk rx king tua ini
beberapa musti di finishing
dengan angular hand piece ini

setelah selesai dengan proses finishing diamond, saat nya untuk finishing dengan amplas halus; agar aliran udara nya benar-benar smooth masuk ke ruang karter dan juga keruang bakar saat proses transfer dan bilas. tetap butuh kesabaran ekstra untuk mengerjakan nya, agar bisa maksimal hasil nya.

Selesai dengan proses ini, tinggal belanja piston pengganti nya (yang lama sudah kurang layak pakai, bisa di lihat di artikel pertama kemaren ya). juga seal-seal kruk as akan ku remajakan semua, kiri dan kanan nya agar kompresi terjaga dan ga ada lagi pelumas transmisi dan kopling yang menyelinap masuk ke ruang karter seperti kemaren.
okay sob...ku tinggal belanja part dulu yaa..
to be continued...........
belanja om...adek nebeng ke depan dong  :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut