Cuma Sedikit Modif

advertisements
Halo sobat... selamat bertemu lagi di blog bakul sego kucing ini :D
selalu ku doa'kan dan harap kan kesehatan dan berkat melimpahi sobat semua.
dan bisa selalu berbagi bersama orang-orang terdekat di sekitar kita masing-masing.

kali ini....aku ingin berbagi pengalaman tentang curhat kawan dari pemalang yang tinggal dan merantau di daerah pondok indah. dimana selama berbulan-bulan ternyata dia lagi memendam rasa iri dan penasaran sama 'si belang' nya juragan sepatu... tapi "iri" nya bukan dalam artian negatif yaa.
dia iri pengen pasang footstep copotan yamaha R15 juga di motor nya.
Setelah berburu di group facebook, akhirnya....di dapat juga lah part buruan nya itu.
dan di buatkan juga plat bracket nya, agar bisa terpasang rapi di motor nya.
tapi ternyata....plat buatan nya itu tebel banget, plat 8mm yang di pakai. selain tebal, pasti berat juga di pasang di motor standard nya. nahh, dari pada bingung tapi ga ada temen curhat, meluncurlah dia ke tangerang, ke pangkalan gerobak angkringan ku.

sampai di rumah curhat-curhat dikit tentang motor nya...koq malah nurun kan velg palang 3 bawa'an fizr ya ?........ hmmmm,..... jadi rada curiga nih, jangan-jangan bukan cuma mo minta tolong pasangkan footstep R15nya kawan ini...
dan ternyata bener...ada beberapa list request nya untuk proyek motor nya kali ini.
  1. Pasang footstep underbone R15 juga ganti bracket yang tipis
  2. pasang velg fizr yang sudah di re-paint warna special (padahal sebelum di ganti juga pakai velg palang 3 bawaan fizr juga)
  3. ganti as shock depan yang sudah di makan karat lapisan chrome nya. (yang ini request ekstra , karena pas checking sektor kaki depan baru ketahuan as nya sudah parah)
  4. pasang double row self aligning bearing untuk bagian kruk as nya. (semprul....ini sih request nya gampang, tapi eksekusi nya musti belah mesin dan minta bantuan tukang bubut langganan)
wadhuhh....kalau langsung di kerjakan dalam sehari, ga sanggup deh.; karena aku ngerjain nya cuma di teras rumah kontrakan ini. terpaksa lah tukar pakai motor ku dulu untuk dia pakai pulang ke pondok indah.
Esok nya, baru lah bisa ku eksekusi request nya kawan ini.
pertama yang ku eksekusi adalah penggantian velg nya ; serta merubah arah rotasi ban depan yang salah di pasang arah rotasi nya, tentu ini akan timbulkan bahaya kalau tidak segera di perbaiki.
untuk penggantian velg lama dengan yang baru, tak ada banyak kendala.
velg sih sudah terpasang rapi..
nah, kendala malah muncul setelah ku lihat ada lelehan minyak di tabung shock absorber depan nya.
dari pada penasaran, ku buka cover nya, dan bener saja...kecurigaan ku terbukti.
as shock nya sudah tergerus parah lapisan hard chrome nya.
ini yang jadi penyebab lelehan minyak di tabung ternyata.. minyak menerobos bagian ini ketika suspensi bekerja. segera ku foto dan kirim pada kawan ini.
dan memang cara obatin nya musti ganti as baru, sekalian sama seal tabung shock dan minyak nya.
syukurlah segera bisa ku selesaikan, dan bisa segera tangani request berikut nya. yaitu pasang bearing kruk as nya.
request gampang...tapi musti turun mesin euyy..
untuk pasang bearing kruk as double row self aligning ini, musti belah mesin nya...pfffttt :D
ya udah lah, tanpa tunggu lama, segera saja preteli part-part nya (sudah pernah ku tulis di artikel-artikel sebelum nya) karena sudah beranjak malam, biar besok bisa segera ku bawa ke bengkel bubut langganan untuk pasang bearing kruk as sebelah kiri nya, dan di centerin ulang kruk as nya.......
esok nya, setelah sampai di bengkel bubut langganan, bukan nya segera di kerjakan, kawan-kawan pekerja bengkel ini malah bengong ngeliat bearing nya, karena bagi mereka bearing double row self aligning ini rada aneh, karena bisa di mainkan cincin luar dan dalam nya. setelah puas mainan bearing nya, baru deh di kerjakan dan di center ulang... jadi lebih satu jam aku nunggu nya, karena kawan ini malah pamerin bearing itu sama temen-temen nya...wkwkwkwk... :D
belah-belah....tumpukin deh jadi puzzle
Selesai dari workshop, segera ku pulang karena masih banyak agenda untuk di eksekusi di motor kawan ini.
udah di utak-utik ternyata motor ini
pertama yang ku lakukan adalah checking semua part-part nya , dan cuci menggunakan bbm, agar bisa observasi lebih teliti lagi.
ternyata part-part nya masih dapat di andalkan, tak ada kerusakan terdeteksi dari part-part nya. balancer versi pertama pun juga masih bagus. tinggal check kondisi piston, liner dan head nya.
piston oke, block cylinder dan liner nya oke.
di bagian head ini ternyata banyak kerak karbon di kubah ruang bakar, serta di saluran buang nya. copoti semua part di area head nya, agar lubang-lubang port baik dan out bisa di akses lebih lanjut.

ternyata....lubang port in dan out nya pernah di utak-utik mekanik sebelum nya yang menghandle motor ini, ya udah....sekalian aja di colek-colek lagi bagian port in dan out di bawah daun klep nya, biar aliran udara makin lancar masuk dan keluar dari ruang bakar, serta skir ulang kedua klep nya, agar benar-benar mendekap rapat dan tidak ada kebocoran kompresi nanti nya.

selesai di sektor ini, tinggal cuci dengan bbm dan bersihkan semua part-part head nya, dan di rangkai ulang, kemudian persiapan untuk merakit semua part mesin nya, agar bisa segera di naik kan ke rangka nya.
velg baru sudah nempel rapi.
patern dan arah rotasi ban sudah bener
 sedikit kendala ku temui saat merangkai kruk as nya ke crankcase, karena...self aligning ball bearing selalu mampu bergerak bebas dan bisa berputar tidak sejajar antara inner dan outer ring bearing nya seperti di bawah ini :
perlu kesabaran dan ketelitian untuk memasang bearing ini
nah, metode yang ku pakai untuk memasang kruk as nya ke crankcse kiri adalah dengan selalu melakukan pengukuran dengan jangka sorong antara permukaan crankcase separator dengan permukaan datar crank case nya, agar posisi bearing nya selalu sejajar dengan housing nya.
karena jika ring bearing bagian luar tidak sejajar, penarikan kruk as ini pasti stuck dan harus di ulang lagi.

setelah selesai pemasangan kruk as, dan semua part mesin lain nya, tinggal rangkai kan mesin nya ke rangka dan di lanjut dengan memasang  footstep underbone R15nya, pemasangan ga berbeda dengan proses si belang dulu. juga pemasangan system pengerem'an rear disc brake.
akhir nya...selesai juga proses nya..test mesin dan test pengereman sektor belakang, perfecto..
tinggal telp owner nya dan tukar kan si babyblue lagi..
ternyata owner nya baik hati banget lho..babyblue ku di cucikan bersih plus di poles sampai cling euy.. jadi enak deh :D
okay sob...bersambung di tulisan dan cerita selanjut nya yaa....
aseeekkk kelar juga akhirnya... :D
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut