Bermain sama Raja....Lagi 3

advertisements
Haiiii sobat......
Selamat pagi....selamat berjumpa lagi di warung sego kucing ini ya...sego kucing yang menu nya keras-keras semua :D part mesin semua..
kemaren sudah kita bahas dari proses pembongkaran dan turunkan mesin rx-king ini dari rangkanya, di lanjut dengan proses finishing lubang-lubang transfer dan bilas nya, agar lebih rapi bentuk nya.
kemudian mulai proses poles ruang karter nya.
baru semi finishing


masih terlhat scratch halus di permukaan nya

Satu per satu crankcase nya ku poles ruang karternya, agar campuran bbm dan udara yang transit di situ bisa segera meluncur ke ruang bakar nya saat proses transfer dan bilas. cape...iya...memang proses ini bikin pegel tangan saat mengerjakan nya, karena ada beberapa bagian yang memang harus di kerjakan manual tanpa bantuan alat lain..
dan harus berurutan agar hasil bisa maksimal, bersih dari profil kasar, dan menyisakan permukaan logam yang smooth..
ini sudah mulai poles dengan batu ijo
untuk proses pengamplasan, selain menggunakan bbm untuk menyingkirkan partikel aluminium di kertas amplas nya, ada satu lagi bahan cairan yang lebih bagus untuk membantu proses ini, yaitu minyak tanah/ kerosene.
iya...minyak tanah ternyata lebih efektif untuk membantu melunturkan partikel aluminium nya dari permukaan kertas amplas yang kita pakai. sehingga waktu pengerjaan yang ku butuhkan untuk meratakan dan menghilangkan scratch / baret-baret halus di permukaan ruang karter bisa sedikit terkoreksi dengan bantuan minyak tanah ini.

kekurangan minyak tanah, hanya ketersediaan nya yang semakin langka ku temui di tangerang ini, selain dari harga nya per liter yang mencapai dua kali harga bbm premium. (karena kelangkaan nya, harga di permainkan pemasok nya di tangerang) tapi ga masalah lah...yang penting bisa membantu lebih mempercepat waktu pengerjaan ku . Agar mesin rx king ini bisa segera ku rakit ulang nantinya. dan berikut ini penampakan crankcase dan ruang karternya yang sudah melewati proses polishing sob.
Sekarang....aliran campuran udara dan bbm pasti ogah-ogahan buat berlama-lama di situ, karena permukaan nya sudah mendekati mirror finishing, dan licin. pasti air mixture nya bisa segera di dorong ke ruang bakar nya melewati lubang-lubang port transfer dan bilas nya.
shining...mengkilat dan bersih
view angle; berbeda konsisi di dalam ruang karter
Okay sob....setelah hampir seharian aku kerjakan proses cleaning dan polishing ruang karter di crankcase nya, akhir nya selesai juga...
dan seperti di atas itu kondisi ruang karter rx king ini sesaat setelah proses polishing.
tinggal merangkai part-part transmisi dan crankshaft / kruk as nya nanti.
penggantian seal-seal kruk as sekalian ku lakukan agar kompresi di ruang karter pun terjaga. dan tak terkontaminasi udara luar nantinya.
proses rakit mesin di artikel berikut nya ya sob..
to be continued...........
buruan dong om di rakit...katanya mo jalan-jalan.. :p

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut