Bermain sama Raja....Lagi 2

advertisements
Selamat pagi........selamat beraktifitas untuk semua.
tetap semangat dan tetap berkarya ya sobat.

kali ini, melanjutkan tulisan kemaren yang kepanjangan kalau di satukan , yaitu tentang bongkar-bongkar parts rx king seri 3KA yang ngiri dan ga pengen kalah power sama rx king tua, seri 29N yang sebelum nya masuk ruang perawatan di pangkalan sego kucing.
kalau kemaren kita sudah turunkan mesin nya dari rangka, dan sudah bongkar area magnet nya, sekarang kita beralih ke sebelah kanan, tempat kompartemen kopling dan gear primer nya serta starter
per kopling malah selingkuh sama smash bro..
Nahh....setelah cover bak kopling berhasil ku buka dengan melepas semua baut pengikat bak kopling nya, langkah berikut adalah melepaskan per kopling nya (ternyata, rx-king satu ini, malah memakai per kopling dari suzuki smash yang lebih besar diameter per dan kawat nya).
kemudian kampas kopling dan plat gesek nya kita lepas dan satukan di wadah bersih. lanjut untuk membuka housing kopling nya. ku gunakan special tool buatan ku, agar tidak merusak house kopling nya. kemudian lepaskan idle gear starter dan primary gear nya (lepas primary gear, pakai bantuan tahanan magnet dari sebelah kiri; di tahan dengan magnet holder nya.
singkat cerita, setelah part di area kopling selesai ku lepas. langkah berikut nya adalah membelah crankcase nya, agar kruk as dan ruang karter bisa di akses untuk membersihkan endapan dan deposit carbon yang ada di situ, serta mengikis profil kulit jeruk di permukaan ruang karter nanti.
lepas semua baut pengikat crankcse dengan impact driver (obeng ketok) kemudian pisahkan crankcase nya dengan crankcase separator hand made ,yang terbuat dari plat bekas kemaren.
pokok nya proses getok-getok area crankcase dan kruk as sangat di hindari, agar center nya tidak berubah dan menyebab kan vibrasi nanti nya.
mainan angular hand piece juga
setelah crank case terbelah, tinggal inspeksi part-part gear transmisi nya, dan syukurlah....ga ada part transmisi yang rusak.
Berarti pengerjaan bisa di lanjut ke inspeksi blok cylinder..
merapikan beberapa bagian yang kurang rapi karena proses casting. pengerjaan finishing lubang-lubang port transfer , bilas dan buang ini dengan bantuan bor tuner dan hand piece angular / holder bengkok yang bisa menjangkau beberapa lubang yang sulit di akses dari luar.
tool nya menggunakan diamond tools yang relatif kecil dan memang di khusus kan untuk pengerjaan finishing part-part seperti ini, yang tidak banyak merubah bentuk lubang port nya. hanya sekedar menghaluskan profil permukaan yang seperti kulit jeruk, dan merapikan bentuk nya saja.
dan tetap pengerjaan finishing dengan menggunakan kertas amplas yang di lilitkan ke holder. agar hasil nya bisa benar-benar smooth dan tidak mengganggu flow campuran udara dan bbm nya nanti.....
permukaan lubang transfer dan bilas,
ternyata pernah di colek-colek sebelumnya
selesai dengan proses merapikan bentuk dan permukaan lubang-lubang transfer dan bilas di bagian dalam liner nya.
beralih ke port transfer dan bilas nya, ternyata...di bagian ini pernah di kerjakan oleh mekanik sebelum nya, bahkan lubang buang nya pernah di angkat dan di perbesar dimensi nya....pfffttt... pantesan owner nya bilang, kalau karakter mesin nya cuma bertenaga di rpm atas. sedangkan di bawah menuju rpm medium cenderung lemot.

dan inilah memang kesalahan yang sering kita jumpai, karena perubahan sedikit saja di desain dan dimensi lubang-lubang ini, akan mengoreksi karakter mesin nya.
bahkan, menurut A.Graham Bell di buku nya performance tuning for two stroke engine menyebutkan, jika kita salah merubah dimensi dan bentuk dari lubang-lubang port transfer dan bilas nya, maka karakter mesin nya akan berubah total, bahkan power nya akan benar-benar terkoreksi minus jika kita tidak paham benar , tujuan kita merubah dimensi lubang port nya, hanya pemborosan bbm lah yang di dapat ; tanpa ada nya kenaikan performa jika salah dalam eksekusi; merubah dimensi dari lubang-lubang port transfer dan bilas nya.
coba poles lagi ruang karternya
bersihkan dan poles ruang karternya.
biar flow nya lancar

makanya ; untuk penggunaan harian....aku tak akan merubah dimensi dan bentuk lubang port transfer dan bilas nya, hanya sekedar menghaluskan dan merapikan saja, agar flow campuran udara dan bbm nya lancar dan karakter awal mesin nya tidak berubah. Begitu juga dengan block cylinder mesin rx-king ini, karena pernah di colek-colek oleh mekanik sebelum nya, dan ada beberapa bagian yang kurang rapi, akhirnya hanya kurapikan saja bagian-bagian yang kurang rapi, dan menghaluskan sisa pengerjaan yang masih kasar.

sedangkan untuk ruang karternya, masih bisa ku finishing, agar permukaan di ruang karter ini bisa bersih dan halus profil kulit jeruk serta scratch yang terdapat di situ.
proses ku kerjakan dengan amplas berukuran #400 > #800 > #1000 > #1500 dan dilanjut dengan poles batu ijo / langsol.
sekedar menunjuk kan kualitas permukaan
setelah di poles
ini yang masih dalam proses pengerjaan...


semua proses di kerjakan manual sob, gosok dengan tangan..gosok kan amplas nya di bantu dengan kucuran bbm. agar partikel aluminium dari permukaan karter tidak menempel di permukaan kertas amplas nya, sehingga pekerjaan bisa semakin cepat, karena partikel-partikel aluminium dari permukaan karter bisa segera terbilas, dan permukaan yang ku kerjakan cepat rata...
tinggal di susul dengan penggunaan kertas amplas yang lebih halus lagi, sampai akhir nya bisa di finishing dengan polesan batu ijo / langsol di bantu dengan kain jeans bekas.
untuk hasil poles nya bisa di lihat di atas yaa.. (masih setengah jalan proses nya)

karena proses nya cukup lama...ku lanjut gosok-gosok nya lagi ya sob..
hasil nya........nanti di artikel berikut nya..
to be continued..................

huuu.......mainan mesin mulu ihh :/



advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut