Bermain sama Raja....Lagi 1

advertisements
Selamat Pagi.....salam sejahtera buat semua sobat di warung sego kucing ini.
sehat selalu kan sobat ? tetap semangat dan tetap berkarya untuk orang-orang terkasih di sekeliling kita...

bermain apa kah kita kali ini ? setelah kemaren-kemaren selesai dengan rx-king tua yang menolak untuk menyerah dengan usia nya. ternyata pasien kali ini ga jauh-jauh dari rekan satu club nya. yang juga sahabat dan tetangga owner si raja tua.
betul...masih satu genre 2 stroke engine dari yamaha. masih satu genre rx-kng juga, namun kali ini usia motor nya lebih muda. kode produksi nya sudah 3KA.
terus, apa nya yang musti di reparasi kali ini ? ternyata...cuma ngiri dengan si tua kemaren sob. ga pengen kalau power mesin nya kalah sama yang keluaran tahun tua kemaren....
hmmmm......jadi ingat mang Aries dulu; yang ga pengen kalah sama yang muda :D   
pernah di colek-colek tampak nya
ya uwis lah kalau gitu...kita ikuti request nya..
segera saja turunkan tangki nya biar bisa akses ke mesin nya segera. lepaskan knalpot nya dan kemudian karburator nya.
kalau untuk motor ini, masih menggunakan karburator asli nya ternyata, berbeda dengan sebelum nya yang malahan di ganti karbu abal-abal berdiameter venturi 24mm. setelah karbu dan knalpot di lucuti, tinggal lepas kan block head / cylinder kop nya. biar nanti bisa kita turunkan mesin nya dari rangka tanpa mentok ke rangka nya.
kemudian di susul melepaskan rantai dan sprocket depan nya setelah cover magnet di buka. semua proses itu di lakukan berbarengan sambil menguras pelumas nya dari bawah.

setelah pelumas kering, barulah lepaskan ketiga baut pengikat mesin nya, agar bisa kita turunkan kan mesin dari rangka nya..

kulit jeruk di port transfer sudah pernah di cukur
tapi ternyata ada bagian dari footstep ini yang di las ke rangka nya, entah apa tujuan mekanik sebelum nya, tapi terpaksa harus ku buka las-lasan nya supaya mesin bisa ku turunkan. ini cukup makan waktu juga sih, karena lokasi nya yang sangat sempit di akses gerinda tangan, terpaksa lah chisel (pahat khusus untuk logam) ku gunakan untuk membuka  las-las'an nya..
yang untung nya ga terlalu bagus hasil nya :D jadi masih bisa ku buka dengan teknik yang rada primitif ini .

block cylinder 3KA-YP1

okay...lanjut ke pembongkaran block cylinder nya setelah mesin bisa ku turunkan dari rangka nya . piston yang di gunakan sudah oversize 100. berarti mesin ini kurang terawat sebenar nya.....karena di umur kendaraan yang relatif belum terlalu tua, tapi oversize nya sudah maksimal yang di sarankan pabrikan.
begitu ku check lubang port transfer di block cylinder, ternyata sudah pernah di colek-colek oleh mekanik sebelum nya yang merawat mesin rx-king ini.
deposit kerak yang menempel di saluran transfer dan bilas sudah cukup pekat..tapi pori-pori permukaan jalur transfer nya sudah cukup halus kulihat, meskipun kurang rapi sedikit.
port in dan out nya koq ga rapi gini ya ?
Hmmmm musti finishing ulang juga ternyata nanti.supaya lebih rapi dan flow udara dari karter dan ke arah karter bisa lebih smooth.
mungkin tuner yang dulu menggarap mesin ini kurang toolnya, karena memang hand piece angular rada mahal harganya. dan lubang port nya susah di jangkau tanpa alat yang tepat.
kemudian melepaskan piston nya dari conrod / stang seher nya, lepaskan klip pengunci nya dan dorong pen piston nya ke arah sebalik nya.
yang rada janggal, ada endapan olie di coakan di bagian depan piston nya. dari mana datang nya olie ini ya ? kalau bocor crankcase nya, ga mungkin juga. apa dari packing antara crankcase dan block cylinder nya kah ?
hmmmm.....banyak juga yang janggal di mesin ini, pantas aja ownernya ngiri sama si tua kemaren yaa..
Selesai ku lepaskan piston nya, tinggal melepaskan rotor assy / magnet nya dari kruk as nya, pegang dengan magnet holder dan buka mur pengunci nya dengan kunci sock 19mm, kemudian gunakan trekker magnet untuk melepaskan magnet dari kruk as nya
ini kenapa olie bisa nongkrong di situ ya ?
selesai dengan magnet nya, tinggal spul dan dudukan nya yang kita lepas, pakai impact driver dan mata obeng (+) untuk melepas baut pengunci spul assy ini
selesai dengan sektor megnet. tinggal rapikan semua part-part nya, biar ga tercecer.
barulah lanjut ke bagian bak kopling di bagian kanan nya.

tapi bagian kanan ini nanti yaa...dari paa kepanjangan ceritaku kali ini.
yang penting untuk mesin rx king kali ini sudah terbongkar bagian block cylinder dan bagian magnet nya. berarti separuh pekerjaan membelah mesin  rx king ini sudah selesai.

seal kruk as nya kenapa belpotan gitu ya?
okay sobat...bersambung ke artikel selanjut nya yaa..
tentang bongkar-bongkar bak kopling di bagian kanan serta belah mesin dan bersihkan part-part di dalam nya..

to be continued..............
ga bisa santai ya om....? main mesin mulu ihhhh



advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut