Home » , , , , » Si Belang Ber-ulah Lagi Part 2

Si Belang Ber-ulah Lagi Part 2

advertisements
Lanjutan dari si belang yang kemaren berulah lagi
setelah part pengganti datang, langsung bersihkan crankcase nya..
guyur dengan bbm, dan check semua tampilan nya,
ada yang aneh kah, atau defect lain.
ternyata, ga ada masalah di part ini, baik dari jalur olie ke area head maupun yang ke arah kruk as depan .
masalah di temui, ternyata hanya di beberapa lubang baut yang dol / aus ulir nya.
Okay, lanjut ke perakitan..
checking part satu per satu dan posisikan ke tempat nya di crankcase. 
rakit malam-malam
tak ada masalah yang ku temui di proses merakit part trasnmisi dan kruk as di crankcase.
karena semua dalam kondisi normal,
cuma beberapa lubang ulir yang dol / aus ini yang musti di tangani satu per satu.
langkah pertama , tentu proses tapping, membuat ulir pegangan insert recoil di posisi lubang crank case lama.
tapping recoil insert
ada 5 lubang baut di bagian crankcase kiri yang perlu di recoil,
tapping recoil
selanjut nya, masukkan insert recoil ke lubang baut yang sudah kita perbesar tadi.
ukuran standard ulir luar insert recoil.
seperti foto di bawah ini contohnya.
inserting recoil 
masih re-tapping

seperti di bawah ini lah hasil dari lubang baut yang di recoil ulang.
dan tinggal di rapikan lagi dengan tap M6 biasa..
agar masuk nya baut bisa lancar..
tadaaaa.....hasil recoil di bak magnet
lagi....proses recoil di crankcase kanan.
tapping recoil insert.
ini hasil nya
hasil recoiling di crankcase pengganti
ini juga......
cuma beda warna insert,
masih tetap sama ukuran nya M6
selesai proses recoiling, proses selanjut nya adalah membenamkan piston mentah FIM izumi diameter 53.5 ke dalam jantung dapur pacu nya.
ini yang jadi masalah lagi,.................
karena...tenyata, piston nya nongol sekitar 9mm dari permukaan atas block cylinder nya.

sudah pasti tidak akan bisa terpasang.
hmmmm, musti istirahat dulu malam itu, untuk ke workshop bubut.
potong kelebihan piston yang nongol.

Potong kepala piston lagi sepanjang 10mm, dan di buatkan coakan untuk release klep nya.
masih aman...karena ketebalan kepala piston mentah izumi ini, ternyata 15mm
dan kita buat model flat saja, karena setingan mesin si belang ini untuk harian, dan touring.
jadi ga perlu kompresi yang terlalu tinggi.

karena ga semua SPBU di daerah ready dengan bbm oktan tinggi.
jadi kita main aman saja.
selesai proses potong piston, tinggal rakit kembali mesin si belang, isi olie full synthetic lagi.
dan bisa di test static running.,sebelum di test ride.

selesai test ride, tinggal kontak owner nya si belang, agar segera ambil motor nya.
karena aku musti pulang ke solo sebentar buat jemput mamak.
tapi ternyata, sampai aku pulang pun belum di jemput juga si belang nya..
takut masih bermasalah bagian shifting nya..
huftt...musti reyen sendiri lagi ternyata..
setelah 10 menit pemakaian normal pun, ternyata shifting si belang sudah lancar dan ga ada kendala lagi.
tinggal di pulangin ke kandang nya..
untuk kali ini, si belang sudah mulai nurut...entah apa lagi di belakang nya nanti..
nurut nya nak...jangan kaya bapak nya
#ehhh.....

advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut