Shogun 125SP part2

advertisements
Jumpa kembali sobat......di sini, angkringan sego kucing..(tapi menu nya keras-keras semua ya :D )
setelah kemaren share tentang proses bongkar-bongkar nya, kali ini akan ku teruskan dengan pengcheckan dan juga informasi tentang tool-tool pembantu agar bisa membedah mesin shogun 125sp ini tanpa merusak part-part nya.

antara lain seperti foto berikut ini:
Clutch housing holder untuk yamaha dan suzuki
'kenapa sih musti buat alat lagi ?, ga bisa emang di tahan manual atau ganjal pakai baut aja, buat ngelepas rumah kopling doang kan ? ' iya, memang buat membuka dan memasang rumah kopling ke poros transmisi nya nanti, tanpa alat-alat pembantu ini, pasti kita akan kesulitan untuk membuka dan memasang kembali, dan kalau di ganjal baut, resiko nya besar juga, bisa rumah kopling nya yang pecah atau bagian penahan yang jebol , nahh....meminimalisir hal itu, baik nya kita gunakan special tool seperti ini. untuk proses pembuatan nya, sudah pernah ku bahas di tulisan lawas ku . proses nya sama persis, ga ada yang berbeda. hanya ukuran nya saja yang berbeda untuk yamaha dan suzuki. dan menurut hemat ku, special tool ini bisa di pakai untuk varian bebek suzuki lain nya, karena pasti ukuran nya ga akan jauh berbeda.:
kiri yamaha ; kanan suzuki
bahkan sketch nya pun ternyata masih ku simpan di file ku, foto ini ku buat karena ada kawan di pulau kalimantan yang ingin ikutan buat special tool clutch holder seperti ini. berhubung sekarang ku tuangkan di blog ini, jadi bisa di tiru kawan-kawan yang pengen buat sendiri deh (weww, pede amat nih penulis ndeso :p )  yupp...silahkan bagi kawan-kawan yang pengen jajal berkresasi sendiri, kan alat nya ga mahal, cuma plat strip sepanjang 300-350mm , ketebalan 5mm, juga plat gesek kopling bekas 2 lembar. ukuran nya seperti di bawah ini ya :
atas yamaha ; bawah suzuki
Untuk mendukung proyek bongkar shogun125sp ini ; arsenal peralatan ku juga musti bertambah ternyata, karena trekker magnet untuk suzuki ternyata mirip yang di pakai honda series cub, serta motor batangan yamaha. seperti di bawah berikut ini ya penampakan nya :
kalau ini sih magnet holder, trekker nya ngumper di bawah magnet malahan
ini penampakan lebih jelas nya :
naahhh...jelas sekarang kan tampilan nya
ternyata trekker magnet yang merk nya bisa di lihat di foto di bawah ini, termasuk universal juga, bisa untuk beberapa jenis kendaraan yang di produksi tiga pabrikan berbeda. honda ; yamaha dan suzuki. untuk jelas nya silahkan klik fotonya
universal trekker magnet
Terus...part nya yang di persiapkan untuk penggantian jantung mesin shogun 125sp ini apa aja kah ? pertama adalah bearing kruk as original kodenya 6205 dan 6001. di bawah ini penampakan nya setelah keluar dari dus nya:
part original semua yang terpasang dah...
kemudian satu set conrod kit nya.....hmmmmm, ternyata lebih mahalan part nya suzuki ini ya dari pada original jupiter series...satu set conrod kit ini berbandrol di atas 200rb rupiah ternyata.
tapi masih di bawah harga conrod kit type 5HV yang kita pasang di jantung si belang kemaren sih memang.
harusnya seger lagi sih, kalau part nya baru semua gini
ada beberapa part lagi yang ku remajakan , di mesin shogun 125sp ini, antar lain ring piston dan seal klep nya, juga beberapa seal lain nya.
hasil jajan si shogun
langkah selanjut nya, adalah ke tukang bubut langganan untuk minta bantual operator mesin pres nya , memasang conrod baru nya ke crankshaft / kruk as shogun 125sp ini. tapi......apesnya adalah di bengkel bubut langganan ternyata lagi overload kerjaan . musti sabar-sabar antri deh. ga disaran kan juga untuk menyerobot antrian, kan kita juga ga suka kalau sudah lama-lama antri di serobot orang begitu saja... betul sob ??

ya udah, selama menunggu, biar ga panik, biar di temenin mba-mba cantik ini ya...
bobo cantik bentar yakk...
bersambung...........
advertisements

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut