Home » , , , »

Operasi Jantung si Maroon Fiesta part 2

Operasi Jantung si Maroon Fiesta part 2

advertisements
Kali ini lanjutan tulisan Sebelumnya yaa...
setelah mesin berhasil di belah, dan setelah di check...memang stang piston si maroon ini mulai oblak di bagian big end nya.
yo wis lah, si empunya belanja part-part untuk sembuhkan lagi motornya.
di mulai dari setang piston, yang ternyata cukup royal juga dia belanja.
satu set stang piston daytona di tebus seharga 315 ribu (wuihh...lumayan mahal juga yakk )
di tambah lagi piston kit kawasaki Kaze standard seharga 115rb  ( harga tiap daerah bisa beda-beda ya )
juga balancer DG seberat 1000gr di tebus untuk menggantikan tugas mangkuk kopling ganda nantinya.
balancer mentah dan kopling ganda si maroon
Setelah part utama siap, barulah bisa di bawa ke bengkel bubut langganan untuk di korter dan pasang Connecting Rod / Stang piston nya.
bengkel bubut langganan ini memang terkenal ramai pelanggan nya, karena hasil kerja mereka yang rapi.
butuh seharian untuk ngantri sampai di kerjakan pesanan kita.
dari pada lama nunggu, kutinggal aja tuh blok cylinder sama piston barunya, di tambah stang piston baru dan kruk-as si maroon, besok pasgi baru ku jemput lagi.

besoknya, pagi-pagi habis dari pasar ( biasa lah, pedagang sego kucing kan tiap har ngubek-ubek pasar :p ) baru lah ku ambil dari bengkel bubut blok cylinder dan kruk as si maroon.
mantab juga hasilnya, kruk as sudah center, dan blok cylinder sudah kinclong lagi tuh...
di bantu juga sama Pungggawa klub Remot solo yang kebetulan hari itu lagi ga masuk kerja.
sakit perut katanya....( tapi sembuh setelah pegang pisau tuner hehehehee )
tuh penampakan nya lagi serius tuning head si maroon
pisau tuner ajaib...bikin sembuh orang sakit
cylinder si maroon sudah kinclong lagi
seger bener dah...harganya doang yang ga bikin seger :p
Okay...lanjut...
ganti juga bearing kruk as si maroon ini dengan yang baru..(ga perlu yang mahal-mahal juga sih, cukup pakai part standard aftermarket genuine )
selanjutnya pasang kruk as ke crankcase si maroon, ini yang bikin rada pusing...
di getok biar masuk, sayang kalau nanti ga balance dan center lagi kruk as nya..
setelah mikir-mikir sebentar...baru ketemu caranya biar kruk as bisa terpasang tanpa perlu kekerasan..
ya di trekker lah, di tarik masuk ke housingnya.
cara ini memang agak bikin sport jantung, karena hentakan ringan saat bearing masuk ke housingnya.
tapi so far aman koq... dan yang pasti kruk as tetap center, karena ga menerima beban impact sama sekali..
ngikut McGyver... di tarik masuk kerumahnya :D
kelar masukin kruk as ke crankcase, (oh ,ya...pas rakit lagi rangkaian gigi transmisinya, hati-hati dan perhatikan juga semua susunannya ya..biar ga ada masalah dan harus dua kali kerja nantinya )
dilanjut dengan pasang piston kaze standard yang sudah di potong sedikit ekornya, biar ga mentok bandul kruk asnya.
hati-hati juga waktu pasang clip pengunci pen pistonnya, biar ga mencelat dan masuk ke crankcase..
karena klip piston ini kecil banget dan sering mencelat kalau masangnya kurang pas.
piston dah duduk manis tuh di tempatnya.
lanjut pasang cylindernya deh, setelah piston terpasang rapi.
pastikan packing blok cylinder bagian bawah terpasang sempurna ya..
"O" ring di liner yang masuk ke crankcase, juga jangan lupa terpasang...
biar ga ada rembesan olie dari blok cylinder bawah setelah mesin running nanti.
Cylinder juga mesra tuh sama piston barunya
Lanjut lagi ke area Head cylinder.
Walaupun piston si maroon sudah bengkak, tapi klep masih pake standard lho..
per klep juga masih standard, tapi...biar ga letoy pas di putaran tinggi per klep ku ganjal dengan Ring Stainless ukuran 10mm. yang pasti dengan bantuan ring ini klep lebih cepat nutup nya.
setelah semua part di head cylinder terpasang pada tempatnya, lanjut dengan merakit ke mesin utama.
perhatikan top piston dan top pada gear sentriknya, pastikan segaris atau di stel advance sedikit.
(untuk si maroon ini, di stel sedikit lebih maju, karena teryata, head dan bibir cylindernya pernah di papas sedikit untuk naikkan kompresinya )
head sudah terpasang...tapi blum kelar juga.
Sekarang pindah ke sektor penerus daya.
kampas kopling si maroon di ganti baru satu set sekalian, pakai kampas kopling dengan seri 4WH ( utnuk force 1 yang lebih tebal sedikit dari bawaan jupiter series.)
Mangkuk kopling primer pun di ganti baru dan di lobangi kecil-kecil berdiameter 2.5mm utnuk tambahan jalur pelumas kampas koplingnya
4WH ga dapet yang di jual satuan, akhirnya tebus yang ini
lanjut pengerjaan ke bagian balancer, ini yang butuh sedikit hitungan presisi.
kopling ganda di ambil cuma bagian primary gearnya, kemudian di bikinkan slot dog tooth sedalam 3.5mm, sistem claw yang nanti di pakai sebagai penerus daya primer dari kruk-as ke primary dan secondary gearnya.
dengan sistem ini ada keuntungan yang bisa di raih.
pertama primary gear pasti center dengan kruk asnya, karena tanpa proses pengelas'an.
karena balancer di centerkan oleh inner gear-nya
dan Primary gear di centerkan Collar bawan-nya.
keuntungan kedua, Simple...
dengan sistem ini kita bisa leluasa mengganti bobot balancer sesuai kemauan kita.
tapi sayang-nya tukang bubut yang ngerjakan balancer si maroon ini kurang profesional mungkin, jadi interchange abilitynya kurang bagus hasilnya.
masih harus di finishing ulang dengan kikir di rumah (sad )
balancer yang sudah di proses dan primary gearnya.
tak lupa juga si empunya maroon mengganti stud kopling dengan yang baru keluaran TDR, harganya lumayan juga sih...150K, tapi sebanding dengan material dan kehalusan finishing stud nya.
sipp, semua dah siap di rangkai. lanjut pasang semua part di kompartemen blok kopling (termasuk ganti seal yang rusak kemaren )
tuang olie Shell helix HX5 ke bak kopling dan lanjut stel jarak main kopling si maroon..
fired up.... dan si maroon bangkit lagi dari mati surinya.
stel AFR nya, lalu check olienya naik kah ke kepala cylinder si maroon ? ternyata semua berjalan seperti yang di harapkan.
si maroon dah siap mengaspal kembali...(sambil pesen juga pada si empunya..hati-hati, jangan langsung di siksa, biar si maroon tetep sehat.. harus jalani masa inreyen lagi )




nongkrong di depan warung..
dah pada tau kan dari mana, nama Maroon Fiesta berasal :D
Udah siap jalan-jalan lagi kan si maroon...
tuh di tungguin mba-mba cantik...pengen bonceng si Maroon Fiesta katanya :D
buruan cuy...dah panas nihh :D :D

advertisements

7 komentar:

  1. detail banget mas Victor,
    mantap bangett dahh....
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar yang lain juga bisa rasain sensasi belah duren... eh..belah mesin jupi'nya mas bro :D :D

      terima kasih untuk kunjungan dan supportnya ya...
      bless u bro..

      Hapus
  2. Kira2 habis biaya berapa mas buat men-centerkan kruk as + bearingnya?
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Begitu ya mas?
    Soalnya vega saya kalo handle gas ditarik 1/2 putaran secara sepontan pasti bunyi "teng teng teng teng" dibagian mesin bagian kanan (bak kopling).
    Itu kira2 apanya yang rusak mas?
    Maaf banyak tanya coz masih sangat pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhhh...ga pernah main kira2 aku mas...
      Ada masalah, ya di bongkar..
      Cek total, biar ketahuan masalah nya..

      Setelah masalah ter identifikasi dengan pasti, baru di pikirkan solusi nya..
      Kalau di kira2, ntar malah di kira paranormal / dukun...kan repot jadi nya mas..

      Di.bongkar n check aja yaa..

      Hapus

Pengikut